Rabu, 23 Januari 2019

Budaya Literasi di Sekolah


Perpustakaan Al Kindi SDIT Ulul Albab 2 Purworejo

Budaya literasi di sekolah saat ini menjadi salah satu titik fokus dalam sistem pengajaran. Berbagai cara dilakukan oleh guru dan sekolah agar anak-anak mau membuka dan membaca buku.

Salah satu cara yang digunakan untuk membiasakan anak-anak membaca adalah menyediakan buku-buku yang menarik. Menyediakan buku sesuai usia akan menarik minat anak. Misalnya, untuk kelas anak-anak kelas 1 dan 2 SD akan lebih baik jika buku yang dipilih didominasi oleh gambar dan sedikit tulisan. Huruf yang digunakan juga yang berukuran besar agar anak lebih mudah dalam membaca.

Pojok Baca di Masing-Masing Kelas
Selain itu, menyediakan waktu khusus untuk membaca juga akan membuat anak bersedia membuka-buka halaman buku. Sediakan waktu khusus di kelas untuk membaca buku non-pelajaran agar anak-anak mencoba mengenal buku selain buku paket dan LKS.

Meletakkan buku dalam posisi yang menarik juga bisa menarik minat anak dalam membaca. Letakkan buku dalam posisi judul menghadap ke depan sehingga anak akan mudah melihat buku tersebut. Membuat pojok baca di kelas juga bisa menjadi pilihan. Buat pojok baca menjadi tempat yang nyaman dan menarik sehingga anak akan tertarik untuk datang melihat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar