Senin, 25 Maret 2019

Program Adiwiyata (Pendahuluan)

Kelestarian lingkungan sudah menjadi tujuan utama dalam setiap usaha yang dilakukan oleh manusia di zaman milenial ini. Seakan-akan melestarikan lingkungan sudah menjadi tren seperti mengikuti perkembangan fashion. Produk-produk yang ramah lingkungan mendapatkan tempat tersediri di pasaran dan mendapat harga jual yang tinggi. Tidak heran jika banyak produsen barang dan jasa kini mulai melirik produk-produk ramah lingkungan.

Kesadaran tentang lingkungan tentu tidak serta merta dapat tumbuh dalam diri seseorang. Masih banyak pabrik-pabrik dan usaha-usaha rumahan yang dikelola oleh orang berpendidikan namun mengesampingkan pengelolaan limbah buangan mereka. Sementara itu seorang petani lulusan SD bersusah payah memupuk lahannya dengan kompos yang dicampur dengan kotoran sapi meskipun sebenarnya ia bisa dengan mudah membeli pupuk dan pestisida kimiawi di toko pertanian.

Kegiatan Jum'at bersih


Kepedulian itulah yang tidak dapat disandingkan dengan tingginya pendidikan seseorang. Sepintar apapun seseorang, ia tidak akan mampu memahami pentingnya menjaga lingkungan jika di dalam dirinya sendiri tidak ada kesadaran tentang itu.

Pendidikan sejak kecil sudah lama digadang-gadang sebagai masa emas untuk memberikan pelajaran tentang kepedulian dan empati. Pengenalan dan pembiasaan sejak kecil akan membuat seseorang terus mengingat bahwa kepedulian dan empati termasuk dalam bagian kehidupan manusia. Perasaan kasih sayang pada lingkungan dan sesama manusia akan melekat pada diri seseorang jika pengenalan dan pembiasaan dilakukan sejak dini.
Pemanfaatan barang bekas


SDIT Ulul Albab 2 Purworejo dengan visi dan misi yang mendukung kelestarian lingkungan, membawa program adiwiyata dalam setiap aspek pendidikannya. Bukan hanya melalui program pembelajaran di kelas, SDIT Ulul Albab 2 juga membawa program adiwiyata dalam berbagai kegiatan siswa seperti outbond, jum’at bersih, ekstrakurikuler, dan berbagai kegiatan lain. SDIT Ulul Albab 2 juga berkomitmen untuk terus memberikan pendidikan berbasis lingkungan baik bagi warga sekolah, guru, karyawan, siswa dan wali murid maupun warga sekitar agar terwujud lingkungan yang terjaga, bersih dan asri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar