Selasa, 30 April 2019

*Ramadhan sehat? Aku bangeeet..*


Subhanallah.. hati ini senang tiada terkira! Bulan istimewa tinggal menghitung hari! Ampunan ada disetiap sudut.. pahala kebaikan dilipat gandakan.. setan-setan dibelenggu.. jalan-jalan mencari kebaikan pun terbuka begitu lebar. Sesungguhnya Bukan Ramadhan adalah hadiah luar biasa dari Allah untuk kita semua.

Nah sahabat-sahabat ku.. di tengah fokus untuk memanen pahala selama Bulan Ramadhan, kita jangan lupa untuk selalu memperhatikan kesehatan. Supaya kita bisa puasa selama satu bulan full (bilang aamiin bareng-bareng ya..)

Tapi.. bagaimana sih caranya supaya kita bisa tetep sehat selama puasa? Supaya badan nggak lemas dan tetap semangat? Terus baca tulisan ini ya..

Cara yang pertama, jangan tinggalkan sahur. Selain dapat menguatkan badan, kita juga akan mendapat pahala dan keistimewaan waktu sahur.

Kedua, hindari makan berlebihan saat berbuka. Ingat ya.. berhenti makan sebelum kenyang karena apapun yang berlebihan itu tidak baik lho sahabat..

Ketiga, penuhi kebutuhan cairan. Biasakan minum 8 gelas sehari. Tidak perlu langsung, lakukan bertahap.

Keempat, lakukan olah raga ringan. Tenang.. teman-teman tidak perlu takut capek atau kelaparan dengan olahraga yang berat-berat. Olah raga ringan seperti bersepeda sambil menunggu waktu berbuka (ngabuburit ya.. tahu kaan?) bisa jadi pilihan.

Kelima, cukupi waktu tidur. Ternyata tubuh kita memang perlu istirahat lho teman-teman. Kita bisa melakukan tidur siang 1 sampai 2 jam (jangan kebablasan sampai maghrib lho, hehe). Ternyata tidur siang juga disunnahkan oleh Nabi Muhammad supaya kita bisa lebih segar dan tahan ngantuk terutama ketika shalat tarawih dan saat sahur.

Bu Riski Lestari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar