Jumat, 18 Januari 2019

Spesialnya Kelas Tahfidz

kegiatan menghafal kelas tahfidz

Kelas tahfidz adalah salah satu program unggulan di SDIT Ulul Albab 2 Purworejo. Kelas ini terdiri dari siswa siswi yang telah lolos seleksi kelas tahfidz di kelas 3, dan rata-rata telah dinyatakan memiliki bacaan Quran yang baik, hafalan yang baik, semangat serta motifasi yang baik dalam menghafal al quran.

Selain kesiapan dan kemampuan siswa dalam menghafal, peran orang tua wali juga diutamakan. Terutama kesiapan wali untuk mendampingi putra putrinya dalam hal menghafal Al Quran. Hal tersebutlah yang membedakan kelas tahfidz dan kelas non tahfidz.

Dengan berbagai program pendukung dan fasilitas yang diberikan sekolah, siswa siswi yang berada di kelas tahfidz mendapat target minimal hafal 4 juz sampai lulus. Sejauh ini pencapaian tertinggi dari kelas tahfidz adalah 11 juz dan kedepannya target minimal akan terus ditingkatkan.

Demi tercapainya target tersebut, program-program khusus pun ditambahkan untuk kelas ini seperti muqoyyam quran, seminar motivasi, penambahan jam tahfidz, dan bina prestasi tahfidz. Outing class juga ditambahkan dalam program untuk lebih mengenalkan Al Quran lewat alam, seperti rihlah dan haflah.
Ustadz Mustajab sebagai salah satu guru pendamping tahfidz selalu mengingatkan agar siswa siswinya memegang kunci-kunci sukses dalam menghafal.

"Agar kita merasa mudah dan ringan dalam menghafal, maka kita harus menjaga adab dan akhlaq, menjauhkan diri dari maksiat dan memperbanyak ibadah." Ungkap Beliau.
"Konsumsi makanan dan minuman yang halal dan toyyib, menjaga himmah semangat dan keistiqomahan si penghafal quran juga penting. Meski begitu, lingkungan dan keluarga juga menjadi faktor penentu. Jika lingkungan, terutama keluarga mendukung, maka proses menghafal akan lebih mudah."

Dengan begitu, ustadz Mustajab berharap bahwa kelas tahfidz dapat terus berkembang dan menjadi lebih baik. Beliau pun berharap agar kelak siswa siswi di kelas tahfidz memiliki kualitas yang lebih baik daripada guru-guru mereka dalam hal apapun.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar