Senin, 01 April 2019

Siswa siswi SDIT Ulul AlBab 2 "GEMAS" pasca UTS

Hari Rabu, 13 Maret 2019, barisan panjang anak-anak berbaju olahraga hijau oranye berjalan melewati ring road Utara memasuki jalan pemukiman dan perumahan. Tangan mereka lincah mengambil sampah di pinggir jalan sambil membawa sebuah kantong plastik besar. Masing-masing berlomba mengambil sampah yang berserakan di jalan-jalan yang mereka lewati.

Mereka adalah siswa siswi SDIT Ulul Albab 2 Purworejo yang sedang GEMAS (Gerakan Ambil Sampah) dalam kegiatan jalan sehat dengan rute Tegal Sari - Keseneng - Mudal. Kurang lebih 518 orang anak mengikuti kegiatan yang rutin dilakukan pasca UTS.

Kepala SDIT Ulul Albab 2, Ibu Sukini mengatakan, "Pembiasaan cinta lingkungan dan hidup yang bersih dan sehat harus dilakukan sejak dini, dimulai dari rumah dan sekolah. Hal tersebut sesuai dengan ajaran Islam yang menjadikan kebersihan dan kesehatan sebagai bagian dari kehidupan kita."

Jalan sehat sambal mengambil sampah di sekitar sekolah

Beliau menambahkan bahwa kegiatan jalan sehat dan GEMAS ini dilakukan selain untuk mengisi jeda pasca UTS juga dilakukan untuk mengajarkan siswa siswi agar lebih mencintai lingkungan.

Setelah kegiatan jalan sehat selesai, siswa siswi pun melanjutkan kegiatan membuat karya dengan pemanfaatan barang bekas. Adapun yang digunakan adalah kardus, steroform, gelas plastik, botol plastik, dll. Mereka membuat berbagai macam karya seperti robot dari tutup botol, boneka ondel-ondel, rak buku dari kardus bekas, pot bunga, dompet, tas koran, dan masih banyak lagi.

Pihak sekolah berharap dengan dilakukannya kegiatan ini siswa siswi akan lebih mencintai dan peduli terhadap lingkungan, terutama terhadap pengelolaan sampah plastik. Selain itu kegiatan ini juga dilakukan sebagai salah satu langkah dari SDIT Ulul Albab 2 menuju sekolah Adiwiyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar