Senin, 01 April 2019

Sebatang Pohon Berbuah Pahala


Dari Sahabat Anas bin Malik ra berkata, Rasulullah SAW bersabda: “Tidaklah seorang muslim menanam pohon atau menanam tetumbuhan kemudian burung, manusia, dan hewan ternak memakan buah-buahan dari pohon yang dia tanam kecuali hal tersebut terhitung sedekah baginya” (HR. Bukhari).

Allah menghitung buah yang dimakan burung, manusia dan hewan sebagai sedekah.


Mungkin salah seorang dari kita adalah seorang petani yang menanam padi lalu padi yang kita tanam rusak karena dimakan oleh tikus? Atau mungkin kita adalah pecinta tanaman hias yang memiliki sehelai daun aglonema seharga jutaan rupiah yang pagi ini separuh daunnya dimakan oleh ulat? Atau mungkin buah mangga kesayangan kita yang sudah ditunggu-tunggu masaknya tiba-tiba diambil oleh pencuri yang tidak bertanggungjawab?



Kesal? Marah? Tentu saja. Kita merasa itu adalah hak kita. Sebagian berfikir mungkin kita sedang diuji oleh Allah atau sebagai lagi berfikir mungkin Allah sudah tidak sayang lagi pada kita. Lalu tanpa sadar kita bersumpah serapah pada si tikus, ulat atau pencuri yang menurut kita sudah bertindak dzolim luar biasa.


Tapi tahu kah saudara ku bahwa yang mengalami kejadian seperti itu bukan kita saja. Bersabarlah. Ingatlah dalam hadits Bukhari, bila kita menanam pohon lalu pohon itu berbuah lalu burung, manusia atau hewan datang memakannya maka Allah menghitungnya sebagai sedekah. Bahkan dalam hadits yang sama yang diriwayatkan oleh Muslim, ditambah dengan kalimat "Sampai hari kiamat."


Berbahagialah bagi orang-orang yang dengan ikhlas menanam pohon lalu mengikhlaskan sebagiannya untuk dimakan binatang, kemudian membayar zakatnya, memakan apa yang Allah Rizki kan dengan tidak berlebih-lebihan sehingga Allah akan memberi balasan yang baik atas kebaikan yang kita lakukan itu.



Islam adalah agama yang penuh kasih sayang. Islam bukan hanya menganjurkan umatnya untuk berbagi kepada sesama manusia namun juga kepada burung dan hewan-hewan. Islam lah yang melarang umatnya membakar atau menebangi pohon dalam perang tanpa ada alasan atau keperluan yang jelas. Islam mengajarkan umatnya untuk senantiasa menjaga alam dan kelestarian lingkungan sekitar.



Alangkah baiknya bila kita mengistiqomahkan diri untuk menanam pohon dan merawatnya dengan baik sehingga apabila kelak pohon tersebut memberi manfaat kepada hewan atau manusia maka kita akan mendapat pahala sedekah sampai hari kiamat. Wallahu alam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar