Kamis, 28 Maret 2019

Enterpreneur Muda Peduli Lingkungan

Mengasah keterampilan memang harus dilakukan sedari kecil. Termasuk keterampilan dalam mengelola uang dan perdagangan.

Jalan Sehat

Kegiatan Class Meeting adalah saat yang paling ditunggu-tunggu oleh semua orang di SDIT Ulul Albab 2. Dalam momen ini ada berbagai macam kegiatan yang biasanya dilakukan. Ada lomba-lomba, jalan sehat, dan juga market day. Kadang ada kegiatan manasik haji atau mitigasi bencana.




Simulasi Mitigasi Bencana



Kegiatan yang paling sering dilakukan dan paling disukai adalah market day. Dalam kegiatan ini semua siswa dilibatkan baik sebagai penjual maupun pembeli. Sebagai penjual, siswa dilatih untuk menghitung biaya produksi dan keuntungan. Sedangkan sebagai pembeli, siswa dilatih untuk mengelola keuangan sehingga cukup untuk keperluan pribadi mereka.

Market Day
Selain melatih pengelolaan keuangan, siswa siswi juga dilatih untuk mengenali makanan dan jajanan sehat. Selain itu pengelolaan sampah dan lingkungan juga dikenalkan dalam kegiatan ini.

Disediakan wadah sampah khusus untuk sampah organik dan non-organik agar siswa siswi bisa belajar mengenai pengelolaan sampah. Pengemasan produk juga dihimbau menggunakan seminimalisir plastik. Ditekankan bahwa kemasan plastik dapat mencemari lingkungan. Kemudian kedepannya dipersiapkan agar siswa siswi tidak lagi menggunakan kemasan plastik dalam pengemasan produk mereka.

Ada banyak program pembelajaran yang dapat dipraktekkan dalam kegiatan ini. Selain dari sisi ekonomi, siswa siswi juga belajar mengenai alam dan pelestarian lingkungan. Kegiatan semacam ini sangat perlu untuk dilakukan sebagai program rutin agar siswa siswi mengalami praktek langsung dari berbagai pelajaran yang ada di kelas dan sebagai sarana penyegaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar